Ad (728x90)

Monday, November 28, 2016

TAG:

Kalimat dengan Pola Paragraf

Tugas
Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah kalimat utama di awal (umum-khusus)

ciri-ciri paragraf deduktif adalah :
a. Definisi
b. Pernyataan
c. Pendapat

Contoh : Masalah yang kita hadapi sebenarnya adalah penyaluran dan pemasaran produksi beras. Supaya produksi semakn meningkat tidak berhenti, penyaluran dan pemasaran harus tetap dilaksanakan. Sekarang yang melakukan pemasaran adalah bulog.


Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah sebuah paragraf yang menjabarkan hal - hal khusus terlebih dahulu pada awal paragraf lalu disimpulkan menjadi suatu hal yang umum yang mencakup semua hal khusus tadi.

Ciri - ciri paragraf induktif adalah :
a. Kalimat utama atau topik utamanya berada di akhir paragraf.
b. Kalimat disusun dari uraian atau penjelasan yang bersifat khusus diikuti dengan kalimat pernyataan yang umum.
c. Kalimat penjelasnya merupakan kalimat yang mendukung gagasa utama.

Contoh : Narkoba memiliki efek candu yang sangat kuat dan dari jenis jenis narkoba tersebut ada yang dapat menyebabkan gairah meningkat, detak jantung meningkat, dan pada kondisi tertentu dapat menyebabkan overdosis dan kematian. Menghindari narkoba adalah harga mati karena sangat berbahaya bagi kesehatan.


Paragraf Deduktif-Induktif

Paragraf deduktif-induktif atau paragraf campuran adalah Paragraf yang diawali dengan mengemukakan kalimat utama kemudian di dukung oleh kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri oleh kesimpulan pada bagian akhir Paragraf. Dengan kata lain Paragraf ini memiliki 2 kalimat utama.

Ciri-ciri Paragraf campuran:

a. Memiliki kalimat utama pada awal Paragraf dan kemudian ditekankan kembali pada akhir paragrapah.
b. Adanya pengulangan atau variasi pada beberapa kata kunci atau keyword pada awal dan akhir paragraf.

Contoh : Manusia adalah makhluk sosial. Semua pekerjaan sehari-hari kita membutuhkan manusia lainnya. Misalnya saja kita ingin makan, tentu saja kita membutuhkan petani untuk mendapatkan nasi, nelayan untuk mendapatkan ikan dan peternak untuk mendapatkan daging. Semua aspek di kehidupan kita tidak luput dari bantuan orang lain. Bahkan untuk mati pun kita masih membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, kita tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain.

Semua makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman untuk melangsungkan hidupnya. Binatang bertahan hidup dengan cara berburu makanan yang tersedia di alam. Demikian pula dengan tumbuhan dan manusia yang memerlukan makanan dan minuman untuk tumbuh dan berkembang. Semua makhluk hidup akan mati jika tidak makan dan minum. Jadi, binatang, tumbuhan, dan manusia memerlukan makanan dan minuman untuk bertahan hidup.

Paragraf  Tersebar

Paragraf tersebar yaitu paragraf yang kalimat utamanya atau gagasan utamanya tersebar pada keseluruhan paragraf. 

Contoh : Tiba-tiba langit kota Bandung berubah menjadi gelap gulita. Petirmenyambar-nyambar. Angin menderu Tiba-tiba langit kota Bandung berubah menjadi gelap gulita. Petirmenyambar-nyambar. Angin menderu amat kencang. Listrik mati mendadak. Hujan datang mengguyur amat tiba-tiba. Orang berlarian mencari perlindungan. Klakson berbagai kendaraan berbunyi serempak. Mobil-motor saling bertubrukan. Para sopir saling memaki di antara mereka. Pak polisi kebingungan menertibkan keadaan.

rpradillah

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 comments:

Berkomentarlah dengan sopan dan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Keep in Touch

    Copyright © 2016 . Bloggertain™